Arti Santri menurut Buya KH. Alan Noor Ridwan

author
0 minutes, 55 seconds Read

LTN NU Cimahi berkunjung ke Pondok Pesantren Cibereum Kidul dalam agenda safari Ponpes dengan bertemakan “JAS HIJAU” Jangan Sesekali Hilangkan Jasa Ulama (28/08/22)

Pada agenda tersebut pimpinan Pondok Pesantren Cibereum kidul sekaligus Rois Syuriah PCNU Cimahi dan ketua MUI Kota Cimahi Buya KH. Alan Noor Ridwan menuturkan arti Santri menurut beliau.

Yang kita ketahui Santri adalah orang yang menimba ilmu di pondok pesantren. menurut Buya Santri itu berasal dari dua kata san dan tri.

“Santri itu berasal dari dua kata yang masing masingnya memiliki makna tersendiri, yang pertama San yang di ambil dari hadist nabi saw. “Man Sanna bisunnatin hasanatin falahu ajruha wa ajru man biha….” (barang siapa yang melaksanakan sunah hasanah maka baginya pahala dan baginya pahala yang mengikutinya…) ” ujar Buya.

Arti Santri menurut beliau adalah orang yang melaksanakan kebaikan kebaikan sesuai dengan yang di contohkan Nabi SAW.

“Dan tri berasal dari bahasa Inggris three artinya tiga. Tiga tuntutan yaitu khidmah kepada guru, khidmah kepada orang tua, dan khidmah kepada negara.” lanjutnya.

Buya mengharapkan santri selain berkhidmah kepada guru dan orang tua juga harus mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara.

Penulis : Mochamad Rizki Aliyansyah

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *