Ikuti Bahtsul Masail Kubro (BMK) di PWNU Jawa Barat. LBM PCNU Cimahi persiapkan program

author
2 minutes, 28 seconds Read

Dalam acara Bahtsul Masail Kubro (BMK) di PWNU Jawa Barat , ketua LBM PCNU Cimahi Agus Suyadi dan pengurus Andre dan Ridha Ridhoyani ikut hadir di Gedung Dakwah PWNU Jawa Barat, Rabu (21September 2022).
Acara yang digelar LBMNU Jabar tersebut membahas Tiga Persoalan Yang berkembang di masyarakat. Acara tersebut yaitu membahas pertama anggota ormas terlarang, dan mantan koruptor menjadi caleg, kedua dana Infaq masjid untuk kebutuhan sosial, dan ketiga hukum waris karya ilmiah.
Bahasan yang digelar Rabu pagi tersebut tidak hanya dihadiri LBM Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota kabupaten di Jawa Barat tapi juga dari Pondok Pesantren. Dalam sambutan Ketua PWNU Jabar KH. Abun Bunyamin, mengungkapkan keharusan LBM untuk merespon permasalahan umat yang terus bergulir bukan hanya dalam hitungan hari tapi juga jam dan detik.
Hadir pula dalam BMK ini Ketua MUI Jabar Prof Dr KH. Rachmat Syafei, MA sebagai narasumber bersama perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) RI. Acara yang dilengkapi unsur Bahsul Masail: Mushohhih, Perumus dan Notulen dipandu oleh moderator yang mengatur dialog para Mubahits. Aantusias peserta menghiasi pembahasan yang berjalan hingga sore hari.
Dalam sambutannya, KH Zaenal Mufid, Ketua LBM PWNU Jawa Barat, menuturkan bahwa tema yang dibahas pada BMK ini sangat sensitif. Namun pihaknya pada kegiatan ini tidak mengatasnamakan kepentingan tertentu melainkan untuk kajian ilmiah.
Dalam acara ini juga launching buku Panduan Praktis Bahtsul Masail. Buku setebal 50 halaman ini disusun oleh LBMNU Jawa Barat dibuat untuk menjadi rujukan teknis aturan ber-bahtsul masail dengan pakem cara Nahdlatul Ulama. Kiai Mufid berharap LBMNU bisa menjadi motor pergerakan NU di Jawa Barat dengan bahtsul masail.
Khusus LBMNU PC Cimahi, ini menjadi momen untuk istifadah dari para aktifis muharrik bahtsul masail pengurus LBM PW maupun LBM PCNU SeJawa Barat. Hadir dalam Rapat kordinasi antar pengurus ini perwakilan dari 14 kota kabupaten yang bertemu untuk sharing pengalaman pelaksanaan bahtsul masail di daerah masing masing. Langkah sinergi antar LBM PC rakor ini ditandai dengan pembagian Lima Zona Wilayah LBM PC di Jabar untuk bekerjasama dalam kegiatannya. LBM PC Cimahi sendiri tergabung dalam Zona 3 bersama kota lain nya, yakni LBM Kota dan Kabupaten Bandung serta Sumedang. Dengan bercermin pada konsep program LBMNU PW dan dialog antar LBM PC maka ada beberapa program yang dipersiapkan di kota Cimahi oleh LBM PC. Antara lain:
Pertama, program jam’iyyah (kelembagaan) melalui penguatan pengurus LBM PC Kota Cimahi serta pendataan potensi Pesantren dan Kader Santri bahtsul masail.
Kedua, program fikriyah ( Kajian ) melalui Halaqoh fiqhiyah baik mandiri maupun sinergi internal dan eksternal PC. Baik dalam ataupun lintas zona yang ditetapkan LBM PW. Serta pengumpulan as’ilah.
Ketiga, Program (Jaulah) kunjungan dengan menghadiri praktik bahtsul masail diluar Cimahi.
Keempat, Program Nasyriyyah (Sosialisasi) melalui penyebaran hasil bahtsul masail dari LBM pusat maupun wilayah dikalangan warga nahdiyyin.
Kelima , Program Kitabah ( Penulisan ) yakni dokumentasi buku hasil bahtsul masail dilingkungan PCNU Kota Cimahi pada akhir periode kepengurusan .
Melalui harokah fikriyyah rencana dan ikhtiyar ini bisa mewujudkan dakwah ahlussunnah wal jamaah. menuju kota yang agamis, saluyu ngawangun jati mandiri wewengkon Cimahi.

Kontributor NU Online Cimahi

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *